Apel personel TNI/Polri di Stadion Wilis Kota Madiun.
Apel personel TNI/Polri di Stadion Wilis Kota Madiun.

Ribuan personil dari TNI akan diterjunkan untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun dan sekitarnya dalam rangka penegakan protokol kesehatan Covid-19 di wilayah hukum Korem 081 Dhiratsaha Jaya.

Komandan Korem 081 DSJ Kolonel Infanteri Waris Ari Nugroho, menyebutkan, ada 2.488 personel diterjunkan dalam rangka memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah dalam menegakan protokol kesehatan. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Pemkab Kediri Buat SOP Kegiatan Tradisi Menyambut Bulan Suro

"Bantuan pasukan selain dari Kodim juga datang dari TNI AU Lanud Iswahyudi serta Paskas sebanyak 150 personil," jelasnya.

Kesiapsiagaan TNI itu, mendulang apresiasi dari Pemkot Madiun. Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi, usai menggelar apel pasukan operasi penanganan Covid-19 dan pendisiplinan protokol kesehatan dalam rangka perbantuan kepada pemerintah daerah di wilayah Korem 081 di Stadion Wilis, Selasa (8/9/2020).

“KIta tentunya mengucapkan terimakasih ke TNI juga Polri terkait itu,” ucapnya. 

Maidi menegaskan, TNI dan Polri akan semakin mengoptimalkan penegakan kedisiplinan protokol kesehatan sesuai Perwal Nomor 39 tahun 2020 dan Inpres Nomor 6 tahun 2020 tentang penegakan protokol kesehatan Covid-19.

"Selama ini dalam penegakan protokol kesehatan cukup menemui banyak tantangan di lapangan. Dukungan TNI/Polri ini tentu akan sangat membantu terutama mengatasi pelanggar yang masih membandel" ungkapnya.

Baca Juga : Peduli Guru Ngaji dan Guru Minggu, Wali Kota Santoso Turun Langsung Beri Pembinaan

Maidi menambahkan, TNI bersama Polri memang terus melekat dalam kegiatan yang dilakukan selama ini. Tetapi masih dengan jumlah yang terbatas. 

"Dengan tambahan personil dari Korem 081 DSJ ini tentu membuat penegakan disiplin semakin maksimal," tandasnya.