Nissan March (Foto:  Carmudi)
Nissan March (Foto: Carmudi)

Salah satu aliansi Nissan, Renault, rupanya akan memiliki tugas baru untuk mengembangkan dan merakit model city car Nissan March di Indonesia. 

Diketahui, saat ini Nissan March telah diproduksi di pabrik Renault Flins di Prancis.  Dilansir melalui CarsCoops, berita mengenai March generasi ini datang dari Chief Operating Officer Nissan Ashwani Gupta.  

Baca Juga : Maserati MC20, Mobil Eksotis Italia Meluncur di Indonesia Tahun 2021, Ini Spesifikasinya

Ia mengatakan rencana mobil pesaing Ford Fiesta ini merupakan bagian dari "leader -follower startegy" baru dalam aliansi. Kedua perusahaan ini nantinya akan semakin memanfaatkan aliansi untuk urusan produksi.  

"Untuk March generasi selanjutnya, kami akan mengikuti Renault dan kami akan meminta Renault untuk mengembangkan dan membuat March masa depan untuk kami," kata Gupta.

Nantinya "leader-follower strategy" juga akan menempatkan Renault untuk bertanggung jawab atas movel B-SUV kecil masa depan.  

Nissan Micra atau March generasi kelima.
Foto: nissannews.com

Sementara Nissan bakal memimpin dalam model C-SUV generasi berikutnya, seperti Qashqai (Rogue Sport) dan Renault Kadjar.

Kali ini Renault dan Nissan sama-sama tengah berjuang secara finansial setelah mantan bos aliansi, Carlos Ghosn, terlibat skandal keuangan di Jepang.  Kedua merek itu saat ini sedang melakukan sejumlah rencana terkait penghematan.

Dilansir melalui laman resmi Nissan Motor Indonesia, March kini masih djual dengan harga senilai Rp 185,8 juta.  Namun produksinya sudah terhenti lantaran pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Tengah, ditutup.

Baca Juga : Jadi Kendaraan Niaga, Suzuki Resmi Luncurkan Jimny 2 Kursi Varian Mobil Komersial Ringan

March yang dijual di Indonesia saat ini merupakan generasi keempat yang rilis pada 2010 silam.  Sementara 2017 lalu, March meluncurkan generasi kelimanya untuk pasar global.

  <