Eka Handayani saat menggelar digital Entrepreneur Academy di Hotel Aston Kota Madiun.
Eka Handayani saat menggelar digital Entrepreneur Academy di Hotel Aston Kota Madiun.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memajukan usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) di tanah air. Misalnya yang datang dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Surabaya, yang menggelar digital Entrepreneur Academy di Kota Madiun, Jumat (20/11/2020).

Kota Madiun merupakan satu dari 6 daerah di Jatim yang terpilih sebagai lokasi pelatihan pelaku UMKM. Pasalnya, Kota Madiun termasuk daerah dengan risiko rendah Covid-19. Pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship 2020 Kominfo.

Baca Juga : Beli Apartemen di The Kalindra Malang, Nikmati Income 45 Juta Setahun

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Eka Handayani, menjelaskan, pelatihan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk berkembang. Salah satunya melalui digital marketing, karenanya materi pelatihan tak jauh dari digitalisasi dalam dunia usaha.

Sedang untuk daerah pelatihan ini juga mendukung percepatan revolusi industri 4.0 dan konsep smart city yang dekat dengan digitalisasi.

"Mudahnya, bagaimana pelaku UMKM ini bisa go online," kata Eka. 

Sebanyak 40 peserta pelaku UMKM  di Kota Madiun yang terpilih. Nantinya mereka bakal mengikuti pelatihan selama 2 hari. Tidak hanya materi namun juga praktek, salah satunya teknik foto produk agar lebih menarik.

Baca Juga : Beli Apartemen untuk Bisnis di The Kalindra Malang Sudah Pasti Laku dan Income

Pandemi Covid-19 tak dipungkiri berdampak pada sektor usaha, tak terkecuali pelaku UMKM. “Dengan diadakannya pelatihan digitalisasi usaha pada pelaku UMKM diharap dapat mengembangkan UMKM,” tandasnya.