Rizal Ramli: Pemda Wajib Terbitkan Laporan Keuangan Teraudit di Media Digital | Pacitan TIMES

Rizal Ramli: Pemda Wajib Terbitkan Laporan Keuangan Teraudit di Media Digital

Dec 17, 2020 09:20
Rizal Ramli
Rizal Ramli

Ekonom senior, Rizal Ramli (RR) mengusulkan agar seluruh pemerintah daerah (kota, kabupaten, dan provinsi) di Indonesia agar wajib menerbitkan laporan keuangannya yang teraudit di media yang berskala lokal dan regional (digital atau cetak).

Cara itu, kata penasehat Forkom Jurnalis Nahdliyyin ini, memberikan keterbukaan informasi kepada publik. Selain itu, bakal menghidupi media yang saat ini sangat ketat persaingannya. 

Baca Juga : Tiga Bank Syariah di Indonesia Merger, Ini Nama Barunya

“Laporan keuangan pemerintah daerah tersebut adalah cermin good governance yang dapat menjadi rujukan untuk membuat pemeringkatan kinerja pemda maupun kepala daerah," kata tokoh aktivis mahasiswa era '78 tersebut.

Selain itu, penerbitan laporan keuangan tersebut juga sebagai kontrol sosial masyarakat pada pemimpinnya. Apalagi, itu dana APBD yang bersumber dari pajak yang notabene uang rakyat.

"Sehingga kepala daerah yang amburadul laporan keuangan dan kinerjanya tak layak lagi mencalonkan diri sebagai petahana,” ujar Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur itu, Kamis (17/12/2020).

Topik
Rizal Ramli

Berita Lainnya