Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Bikin Meleleh, Inilah Cara Pesepak Bola Dunia Buka Puasa saat Laga Berlangsung

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

25 - Feb - 2021, 12:26

Pemain sepak bola (Foto:  Bola.net)
Pemain sepak bola (Foto: Bola.net)

INDONESIATIMES- Sejumlah momen menarik para pemain dunia berbuka puasa di tengah pertandingan penting berhasil diabadikan.  Memang tak seperti di Indonesia, laga sepak bola di Eropa dan belahan dunia lain akan tetap berjalan meski di bulan Ramadan. 

Hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemain yang beragama Islam dan harus tetap menjalankan ibadah puasa. Melansir melalui tayangan YouTube KepoBALL TV, berikut deretan momen pesebak bola muslim yang buka puasa di tengah pertandingan:

1. Pemain timnas Tunisia

Image
Foto: YouTube KepoBALL TV

Momen berbuka puasa yang unik pernah terjadi di pertandingan Piala Dunia 2018 antara Tunisia melawan Portugal. Tak cuma satu, hampir seluruh pemain timnas Tunisia melakukan buka puasa.  

Cara yang mereka lakukan pun unik. Di saat waktu berbuka tiba, kiper mereka, Mouez Hassen terlihat berpura-pura cedera yang memaksa laga dihentikan.  

Ketika tim medis masuk ke lapangan, para pemain Tunisia pun membatalkan puasa. Momen menarik ini sempat viral di media sosial.

2. Mohamed Salah dan Sadio Mane

Image
Foto: YouTube KepoBALL TV

Sama seperti pemeluk agama Islam lainnya, Mohamed Salah dan Sadio Mane juga menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Namun, hal itu jadi sedikit rumit karena mereka harus melakukannya di laga penting seperti final Liga Champions.  

Berbeda dengan Indonesia, Spanyol yang menjadi tempat penyelenggaraan final kala itu memiliki waktu puasa yang panjang, yakni 16 hingga 17 jam. Walhasil, meski laga dimulai pukul 21.00 WIB, Salah dan Mane masih harus berpuasa.  

Momen berbuka puasa pun terjadi di pengujung babak pertama. Ketika salah satu pemain Spurs menjalani perawatan, Mohamed Salah terlihat meminum air.  

Menariknya, pemain Spurs, Mousa Sissoko, juga diketahui berpuasa. Ia pun ikut meminum air yang sebelumnya diminum Salah. 

3. Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech

Image
Foto: YouTube KepoBALL TV

Masih dari ajang Liga Champions, momen berbuka puasa yang dilakukan pemain sepak bola juga terjadi di laga Ajax vs Tottenham.  

Dua pemain Ajax, Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech, menjalani ibadah puasa di laga maha penting semifinal leg kedua melawan Spurs.

Mazraoui dan Ziyech harus menunggu hampir setengah jam untuk akhirnya menepi dan berbuka puasa di pinggir lapangan. Keduanya bergantian meminun air dan mengonsumsi sejumlah kecil makanan untuk berbuka.  

4. Pemain timnas Aljazair

Image
Foto: YouTube KepoBALL TV

Sama seperti Piala Dunia 2018, edisi tahun 2014 juga digelar di sekitar bulan Ramadan. Walhasil, para pemain-pemain dari negara muslim pun harus berpuasa.  

Salah satu momen menarik terjadi di laga Aljazair vs Jerman. Pada pertandingan itu, para pemain Aljazair yang berpuasa mampu tampil bagus dan merepotkan Jerman.  

Momen berbuka puasa pun tiba di pengujung babak pertama. Kiper Aljazair, Rais M'Bohli tertangkap kamera tengah mengambil kurma di sisi gawang dan memakannya.  

Baca Juga : SBY Tanggapi Isu Kudeta PD, #KebakaranJenggot Trending, "Jangan Adu Domba Jokowi-Moeldoko"

Pada laga itu sendiri Aljazair berhasil memaksa Jerman hingga ke perpanjangan waktu meski akhirnya harus kalah dengan skor 2-1.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni

Berita Lainnya