Diklaim Lebih Enak dari Udang, Serangga Cicada akan Jadi Makanan Populer di Masa Mendatang?  | Pacitan TIMES

Diklaim Lebih Enak dari Udang, Serangga Cicada akan Jadi Makanan Populer di Masa Mendatang? 

May 22, 2021 10:48
Serangga Cicada (Foto: MLive.com)
Serangga Cicada (Foto: MLive.com)

INDONESIATIMES - Jenis serangga sebagai makanan memang bukan hal yang baru lagi. Namun belakangan ini muncul serangga jenis cicada yang diklaim rasanya lebih enak dari udang. 

Selain itu, cicada juga disebut kaya akan nutrisi. Selama beberapa tahun terakhir popularitas makanan dari serangga memang terus meningkat di berbagai negara. 

Baca Juga : LPBI NU Jaring Aspirasi Pemulihan Pasca Masa Tanggap Darurat Berakhir

Perlu diketahui, baru-baru ini telah muncul studi terbaru tentang pola makan manusia di masa mendatang. Nantinya manusia mau tak mau harus terbiasa mengonsumsi cacing hingga ulat, sebagai sumber makanan baru. 

Begitu juga dengan kemunculan serangga cicada yang sebenarnya sudah ada sejak dulu. Melansir melalui Baltimore CBS, serangga yang ini masih satu spesies dengan tonggeret yang banyak ditemukan di Indonesia. 

Cicada

Cicada terkenal dengan suaranya yang nyaring dan hinggap di pepohonan tinggi. Seorang profesor ternama asal Amerika, menyebutkan bahwa cicada cocok sebagai snack atau makanan baru untuk manusia.

"Cicada memiliki rasa yang sangat mirip dengan udang. Bisa dibilang mereka adalah udang yang hinggap di pepohonan," ujar Jessica Fanzo, selaku profesor yang menangani kebijakan pangan global dari Bloomberg.

Bahkan Fanzo sudah berencana untuk mengumpulkan serangga cicada yang dia temukan sebanyak mungkin. Nantinya serangga cicada ini akan ia simpan sebagai stok makanan. 

Fanzo bahkan mengaku sangat suka dengan rasa serangga satu ini. Profesor yang tinggal di wilayah Maryland ini, ingin memperkenalkan serangga sebagai makanan baru yang lebih ramah lingkungan. 

Selain rasanya yang enak, cicada juga diklaim sebagai sumber protein yang baik untuk manusia.

"Kita sedang berada dalam problematika perubahan iklim. Serangga merupakan sumber makanan alternatif yang bagus, dibandingkan daging hewan lainnya. Contohnya seperti sapi, yang memproduksi banyak emisi gas rumah kaca dari proses peternakannya," jelas Fanzo.

Baca Juga : Viral 30 Dukun Kirim Rudal Gaib untuk Hancurkan Isreal, Warganet: Jinnya Ditahan Imigrasi

Bagi yang baru akan mencoba serangga cicada, Fanzo menyarankan untuk memilih serangga jenis nimfa betina. Ciri khasnya yakni memiliki warna lebih keputihan, dan sering ditemukan di tanah.

"Uniknya lagi serangga ini bisa kita masukkan ke dalam wadah untuk dibekukan. Ketika akan dimakan, kita hanya perlu merebusnya selama dua menit. Kemudian cicada ini bisa dimasak dengan bumbu dan resep sesuai selera," cetusnya. 

Karena rasanya yang mirip seperti udang, cicada juga disebut sangat cocok dipanggang dengan bumbu garam dan lada. Bisa juga ditumis dengan makanan lain seperti pasta atau sayuran.

Meski masih terdengar aneh, konsumsi serangga sebagai makanan sehari-hari sudah menjadi budaya kuliner di beberapa negara seperti Meksiko, Thailand, hingga Afrika sejak dulu.

"Kalian hanya perlu pergi ke Meksiko, dan mencoba jangkrik goreng di sana. Rasanya sangat enak," pungkas Fanzo.

Topik
Serangga kuliner serangga cicada

Berita Lainnya