ASO Bakal Dilakukan, Berikut Ubah TV Analog Jadi TV Digital | Pacitan TIMES

ASO Bakal Dilakukan, Berikut Ubah TV Analog Jadi TV Digital

Jun 20, 2021 12:37
Ilustrasi siaran digital (en.egemen.kz)
Ilustrasi siaran digital (en.egemen.kz)

MALANGTIMES - Secara bertahap, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal melakukan analog dwitch off (ASO) atau menghentikan siaran TV analog secara bertahap. ASO bakal dirampungkan paling lambat pada 17 Agustus mendatang untuk tahap pertama. 

Penghentian siaran TV analog  direncanakan bakal dilakukan dalam 5 tahap. Proses itu ditargetkan selesai pada 2 November 2022 di sejumlah daerah.

Baca Juga : IGMO Luncurkan Peace of Night, Ceritakan Romantisme Perkopian dan Tongkrongan

 

Namun bagi kalian yang masih memiliki TV analog, jangan khawatir. Kalian masih bisa menyaksikan siaran televisi dengan mengubah TV analog menjadi TV digital.

Caranya mudah. Para pemilik TV analog hanya tinggal menyediakan sebuah alat bernama Set Top Box (STB) DVBT2 dan antena digital. Alat ini merupakan pengonversi sinyal digital gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

Jangan bayangkan jika cara memasang rumit maupun proses memasangnya memerlukan biaya mahal. Cara pasangnya cukuplah simpel. Para pengguna cukup memasukkan kabel konektor untuk audio dan video (AV) ke port yang tersedia di pesawat televisi.

Setelah itu, yang terpenting, sambungankan STB ke listrik dengan adaptor bawaan. Setelah menyala, untuk bisa menyaksikan siaran digital, pengguna harus terlebih dahulu mencari siaran digital seperti halnya TV analog. 

Tetapi, pemilik TV analog, meksipun telah memiliki STB, tetap harus juga memiliki antena digital. Sebab, STB hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal dari digital ke analog. Sinyal digital masih harus ditangkap menggunakan antena digital.

Lantas bagaimana langkah-langkah dalam mencari siaran digital melalui STB dan bagaimana cara menikmati siaran TV digital bagi pengguna TV analog? Berikut langkah-langkah untuk mengaturnya.

1. Pertama, pastikan TV analog dan perangkat STB DVBT2 Anda sudah saling terhubung, baik dengan perangkat maupun dengan daya listrik.

Baca Juga : Jembatani Kebutuhan Informasi Kerja, Unikama Gelar CDC

 

2. Kemudian, nyalakan TV Anda lalu masuk ke mode AV.

3. Apabila terdapat beberapa mode AV, sesuaikan dengan koneksi STB. Misalnya AV1, AV2, atau lainnya.

4. Jika mode AV sudah ditentukan, Anda bisa langsung menyalakan perangkat STB.

5. Tekan tombol menu pada remot STB, lalu cari opsi "pencarian saluran" dan klik pencarian otomatis untuk mencari siaran.

Topik
TV digital TV analog Perubahan TV dari analog ke digital

Berita Lainnya