Bapenda Kabupaten Madiun Mudahkan Masyarakat dengan Aplikasi Online | Pacitan TIMES

Bapenda Kabupaten Madiun Mudahkan Masyarakat dengan Aplikasi Online

Jul 15, 2021 18:06
Kantor Bapenda Kabupaten Madiun. (Foto: Dodik Eko P/ JatimTIMES)
Kantor Bapenda Kabupaten Madiun. (Foto: Dodik Eko P/ JatimTIMES)

MADIUNTIMES - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Madiun hadir memberikan kemudahan masyarakat dalam melaporkan wajib pajak, yaitu secara Online yang bisa diakses melalui http://pajakdaerah.madiunkab.go.id.

Upaya Bapenda Kabupaten Madiun tersebut selain memudahkan warga wajib pajak, juga untuk mengoptimalkan pendapatan pajak daerah Kabupaten Madiun kedepannya.

Baca Juga : PPKM Darurat, Calon Pengantin di Kabupaten Blitar Wajib Swab Antigen Sebelum Akad Nikah

Untuk saat ini yang sudah bisa diakses secara online yaitu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan juga Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang merupakan salah satu jenis biaya provisi atau pajak jual beli yang harus dibayarkan saat seseorang membeli sebuah rumah.

Bapenda terus melakukan pengembangan agar pendapatan daerah terus optimal. Terbaru, Bapenda melakukan sistem Pajak Daerah Terintegrasi melalui pemasangan alat rekam transaksi di Obyek Pajak.

 "Kami sudah memasang alat rekam transaksi di rumah makan dan kafe untuk mengetahui secara pasti besaran pajak yang harus dibayar," ungkap Ari Nursurahmat Sekertaris Bapenda Kabupaten Madiun saat ditemui di ruangannya, Kamis (15/7/2021).

Selain itu, menurut Ari panggilan akrab Sekertaris Bapenda Kabupaten Madiun menjelaskan, untuk awal laporan wajib pajak sistem online tersebut baru diterapkan yang sudah bekerja sama dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD).

Baca Juga : The Real Sultan, YouTuber Doni Salmanan Bagi-bagi "Uang PPKM" di Jalanan

 

"Pada tahap awal ini baru pada Wajib Pajak Rumah Makan Katering yang bekerja sama dengan OPD," jelasnya.

Fungsi alat rekam transaksi yang sudah dipasang di beberapa rumah makan tersebut sangat memudahkan pihak rumah makan dan juga Bapenda sendiri, karena mulai dari laporan sampai pembayaran sudah bisa dilakukan secara online (ADV). 

Topik
bapenda kabupaten madiun layanan online bapenda kabupaten madiun pbb dan bphtb online alat rekam transaksi objek pajak

Berita Lainnya