Diserbu saat Idul Adha, Pakar Beber Manfaat Nanas untuk Olahan Daging | Pacitan TIMES

Diserbu saat Idul Adha, Pakar Beber Manfaat Nanas untuk Olahan Daging

Jul 20, 2021 17:23
Pasar Buah. (Foto: Dok. Google)
Pasar Buah. (Foto: Dok. Google)

TULUNGAGUNGTIMES - Hari Raya Idul Adha atau juga dikenal sebagai hari raya Idul Kurban nampaknya menjadi berkah tersendiri bagi pedagang buah di Tulungagung. Pasalnya, dagangan mereka ramai diserbu pengunjung khususnya buah nanas.

"Alhamdulillah hari ini ramai pembeli khususnya buah nanas, sangat laris," kata salah satu pedagang buah di wilayah Kecamatan Boyolangu Agus Rozali, Selasa (20/07/2021).

Baca Juga : Penyembelihan Hewan Kurban saat PPKM Darurat, Ribuan Petugas Sudah Jalani Swab Antigen

Menurut analisa Agus, ramainya konsumen disebabkan karena mayoritas masyarakat hari ini mengkonsumsi daging, dan mereka membutuhkan asupan serat atau hanya sekedar penghilang bau mulut (bau amis) usai makan daging.

Larisnya buah nanas, lanjutnya, karena nanas dipercaya bisa membuat daging menjadi empuk atau tidak alot. Sehingga digunakan sebagai campuran bahan mengolah daging.

"Kalau nanas mungkin untuk memasak daging, bukan untuk pencuci mulut," katanya.

Agus mengaku, dalam waktu setengah hari buah nanas dagangannya sudah laku hingga puluhan kilo. Belum lagi buah lainnya seperti semangka, melon, jeruk, dan belimbing.

Selain itu, durasi kedatangan konsumen juga tidak seperti biasanya, artinya konsumen datang dalam jumlah banyak menjelang tengah hari.

"Biasanya kalau tengah hari tidak seramai hari ini, tapi ya Alhamdulilah mungkin berkah Idul Adha ini," tutupnya.

Kata Pakar Tentang Manfaat Nanas untuk Olahan Daging

Sementara itu, Staf Pengajar Divisi Teknologi Hasil Ternak Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan IPB Dr Tuti Suryati SPt, Msi menjelaskan, di dalam buah nanas terkandung enzim bromelin yang termasuk jenis enzim protease. Ini dapat memutuskan ikatan peptida pada protein, sehingga bisa menghidrolisis atau mendegradasi protein menjadi potongan-potongan peptida atau bentuk lebih sederhana dari protein.

Bromelin juga dapat bekerja pada jaringan kolagen yang merupakan protein pada jaringan ikat, protein miosin, protein miofibilar, atau serabut daging. Enzim bromelin sendiri dapat ditemui pada daun, batang, serta buah tanaman nanas. 

Baca Juga : Pastikan Aman, 4 Ribu Petugas Penyembelihan Hewan Kurban di Kota Malang Jalani Swab Antigen

“Akan tetapi buah nanas merupakan bagian tumbuhan yang lebih banyak digunakan dalam membantu proses pengempukan. Selain agar tidak mengubah cita rasa daging, buah nanas juga mampu menambah kelezatan rasa daging,” jelas Tuti, dikutip dari keterangan tertulis melalui situs resmi IPB, Senin (19/7/2021).

Meski mengalami degradasi protein, namun dari sisi kandungan nutrisi, daging yang telah diberi tambahan buah nanas tidak mengalami penurunan. Justru enzim bromelin yang merupakan salah satu jenis protein dapat menambah kandungan protein pada olahan daging meski tidak signifikan.

Sebagaimana protein pada umumnya, bromelin memiliki suhu optimal untuk bekerja dan memiliki suhu batasan agar tidak terdenaturasi atau rusak. Suhu yang optimal bagi bekerjanya enzim bromelin ada olahan daging ialah pada suhu ruang hingga 50 derajat celcius. 

“Adapun jika suhu melebihi 70 derajat celcius maka enzim bromelin akan mengalami penurunan aktivitas akibat kerusakan atau denaturasi protein,” tegas dia.

Meski kealotan daging sangat beragam, namun umumnya daging direndam dalam parutan nanas selama 15 menit hingga 30 menit di suhu ruangan sebelum di masak. 

Namun menjadi catatan agar tidak terlalu lama menyimpan daging mentah pada suhu ruangan, hal tersebut karena daging dapat terkontaminasi oleh bakteri yang ada di lingkungan sekitar. 

Topik
olahan daging Hewan Kurban Idul Adha buah nanas pengolahan dsging

Berita Lainnya