Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ramai Set Top Box Meledak, Ini Hasil Investigasi Kominfo 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Dec - 2022, 06:40

Viral di TikTok, set top box meledak (foto: aaderrytv)
Viral di TikTok, set top box meledak (foto: aaderrytv)

JATIMTIMES - Baru-baru ini beredar video di TikTok yang menarasikan jika set top box dipakai terlalu lama bisa meledak. Akibat video viral itu menjadi keresahan bagi warganet untuk memakai set top box. 

Sebagai informasi, set top box (STB) adalah alat yang memiliki peran penting dalam membantu TV analog menangkap siaran TV digital. Apalagi saat ini Kementerian Kominfo tengah menerapkan Analog Switch Off (ASO) yakni penghentian siaran TV analog yang sepenuhnya dialihkan ke siaran TV digital. 

Baca Juga : Kenalkan Pantai Teluk Asmara, Karya Peserta Lomba Konten Kreator ini Panen Ribuan Like Warganet

Menanggapi video viral STB meledak itu, Kementerian Kominfo melakukan penyidikan. Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia menyebut bahwa yang viral meledak itu permasalahannya bukan pada STB-nya. 

"Kemarin viral set top box meledak, set top box berbahaya. Jangan percaya isu-isu itu. Ternyata saat kita investigasi, bukan set top box yang rusak atau meledak, tapi penggunaan listriknya," jelas Gery, seperti dilansi detikinet pada Senin (5/12/2022). 

Menurut Gery, insiden set top box yang viral itu terjadi lantaran ada satu konektor listrik yang dipakai hampir 6-7 perangkat. "Ketika dicek set top box-nya itu ngga ada masalah. Jadi, kalau ada isu-isu (set top box meledak) itu dicek dulu," lanjutnya. 

Pihak Kementerian Kominfo juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli STB yang sudah terverifikasi oleh Kominfo. "Beli set top box yang tersertifikasi Kominfo dan SNI. Kenapa? Agar ada garansinya," ungkapnya. 

Sebelumnya, viral di TikTok unggahan @aaderrytv yang memperlihatkan televisi tabung yang berantakan. Bahkan kondisi rumah dalam video itu juga rampak kotor dan berantakan, seperti habis ada kebakaran. 

Ditambah narasi yang dituliskan akun tersebut seakan-akan gara-gara set top box televisi bisa meledak. 

"Gara-gara pakai Set Top Box TV meledak. Hati-hati jangan kelamaan nyalain tv dengan STB," tulis keterangan video tersebut. 

Namun tak diperlihatkan apakah dalam video itu menggunakan set top box bersertifikat Kementerian Kominfo dan SNI. Pasalnya jika menggunakan set top box bukan rekomendasi dari Kominfo, rawan terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

Berikut ini daftar 13 STB yang bersertifikat Kominfo dan SNI, dilansir dari laman indonesiabaik. 

1. Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD) harga Rp 185 ribu. 

2. Polytron (PDV 600T2) harga Rp 200 ribu. 

3. Ichiko (8000HD) harga Rp 300 ribu. 

4. Akari (ADS-2230) harga Rp 230 ribu. 

5. Akarai (ADS-168) harga Rp 229 ribu. 

6. Akari (ADS-210) harga Rp 230 ribu.

7. Venus (Brio) harga Rp 150 ribu. 

8. Tanaka (T2) harga Rp 165 ribu. 

9. Matrix (Apple) harga Rp 170 ribu. 

10. Evercross (STB1) harga Rp 149 ribu. 

11. Nextron (NT2000-D) harga Rp 220 ribu

12. Nextron (TR 1000) harga Rp 220 ribu

13. Evinix H1 185 harga Rp 190 ribu 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Berita Lainnya